Nostalgia Mighty Morphin Power Rangers



Nostalgia tentang Mighty Morphin Power Rangers yang dibintangi oleh Jason David Frank.Jason David Frank dalam serial ini bermain sebagai Tommy , Ranger Hijau. Inilah kisahnya:

Dua orang astronot secara tidak sengaja menemukan sebuah benda aneh yang mirip pesawat luar angkasa di bulan. Mereka membuka benda tersebut dan muncullah beberapa monster yang dipimpin oleh Rita Repulsa. Rita Repulsa yang sudah tersegel selama 10.000 tahun segera melakukan rencana balas dendam untuk menyerang bumi.

Sementara itu di bumi, kelima remaja terpilih sedang menjalankan kegiatan mereka masing-masing di Angel Grove. Mereka adalah Jason, Billy, Zack, Trini dan Kimberly. Tidak lama kemudian, terjadilah gempa bumi yang cukup dahsyat. Tak seorangpun dari mereka mengetahui apapun yang terjadi.

Nun jauh di sana, Zordon dan Alfa 5 sudah menyadari apa yang sedang terjadi. Bumi sedang diserang oleh Rita Repulsa dan anak buahnya. Zordon tak punya pilihan lain, dan segera memerintahkan Alfa untuk melakukan teleportasi pada kelima remaja terpilih itu agar mereka bisa datang ke markasnya.



Kelima remaja terpilih yang masih dilanda kepanikan karena gempa bumi, tiba-tiba merasa aneh. Tiba-tiba mereka berpindah tempat dan kini mereka sudah berada di sebuah tempat yang asing. Kimberly mengatakan tempat itu mirip mall. Sementara Billy sangat tertarik dengan teknologi dan panel-panel yang terpasang rapi di tempat tersebut. Jason, Zack dan Trini juga merasa heran. Di manakah mereka sekarang?

Kemudian, Zordon muncul dan menjelaskan. Mereka berlima adalah remaja terpilih yang akan diberi tugas untuk melindungi bumi dari serangan Rita Repulsa dan antek-anteknya. Untuk mengemban tugas itu, mereka masing-masing diberi alat yang disebut power morpher. Dengan menggunakan alat ini, mereka akan memperoleh akses untuk menggunakan kekuatan dinosaurus dan berubah menjadi Power Rangers.

Sayangnya, kelima remaja ini tidak percaya begitu saja. Mereka malah meninggalkan markas Zordon karena merasa apa yang dijelaskan Zordon tidak masuk akal. Bagaimana di usia mereka yang masih remaja, harus menanggung tugas yang sangat besar yaitu melindungi bumi?

Beberapa saat setelah meninggalkan markas Zordon, Rita Repulsa yang mengetahui rencana Zordon itu segera mengirim beberapa prajuritnya untuk mengenyahkan kelima remaja itu. Jason, Zack, Billy, Trini dan Kimberly mau tidak mau harus bertarung melawan prajurit Rita Repulsa. Karena kalah jumlah dan kemampuan, satu per satu dari mereka jatuh dikalahkan oleh para prajurit Rita Repulsa.


Dalam keadaan terdesark, Jason langsung mengajak rekan-rekannya yang lain untuk menggunakan alat power morpher yang diberikan oleh Zordon. Dimulai dari Zack, Kimberly, Billy, Trini dan Jason mereka pun berubah menggunakan alat itu. Dari "Mastodon" hingga "Tyranosaurus" dan berubahlah Zack menjadi Ranger Hitam, Kimberly menjadi Ranger Pink, Billy menjadi Ranger Biru, Trini menjadi Ranger Kuning, dan Jason menjadi Ranger Merah, pemimpin Power Rangers.


Setelah berubah menjadi Power Rangers, mereka diteleportasi oleh Alfa atas perintah Zordon untuk berpindah kembali ke Angel Grove. Di Angel Grove, Goldar, salah satu monster pengikut Rita Repulsa sudah menunggu. Tak lama kemudian, Rita Repulsa melemparkan tongkat sihirnya ke bumi dan mengubah Goldar menjadi monster raksasa. Untuk menghadapinya, Power Rangers segera memanggil Zord mereka, dan menyatukannya. Sayang hasil penyatuan yang belum sempurna itu belum cukup untuk mengalahkan Goldar. Akhirnya, setelah menyempurnakan penyatuan Zord mereka dan membentuk Mega-Zord, Goldar berhasil didesak. Namun sayang, sebelum Mega-Zord sempat menggunakan pedanngnya untuk menghabisi Goldar, Goldar keburu kabur dan kembali ke markas Rita Repulsa di bulan.

Kelima remaja : Jason, Billy, Zack , Kimberly dan Trini kembali ke markas Zordon. Akhirnya , mereka menerima tugas dan tanggung jawab untuk melindungi bumi sebagai Power Rangers. Zordon pun mengingatkan bahwa sebagai Power Rangers mereka terikat pada tiga aturan dasar yaitu :

  1. tidak boleh menggunakan kekuatan mereka untuk bermain-main
  2. hanya menggunakan kekuatan mereka untuk bertahan dan membela diri
  3. harus merahasiakan identitas sebagai Power Rangers, tak seorang pun boleh tahu bahwa mereka adalah Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers merupakan salah satu serial anak populer yang ditayangkan di RCTI pada tahun 90an, kalau tidak salah ingat pada tahun 1993. Saya pribadi baru menyukai serial ini setelah kemunculan Power Ranger keenam, yaitu Tommy si Ranger Hijau yang diperankan oleh Jason David Frank. Entah kenapa, saya cenderung lebih suka Power Rangers yang memakai armor (tameng) di bagian dadanya seperti Ranger Hijau, Ranger Putih, Ranger Emas. Kebetulan, sebagian besar Power Rangers yang kostumnya model begitu diperankan oleh Jason David Frank sebagai Tommy. Kali ini saya akan berbagi ingatan tentang Tommy si Ranger Hijau. Inilah ceritanya:


Awal kemunculan Tommy adalah sebagai siswa baru di Angel Grove. Kemunculannya kemudian dimanfaatkan Rita Repulsa untuk memperalat dan menjadikannya Power Rangers jahat dengan menggunakan kekuatan sihirnya. Jadilah Tommy dibawah pengaruh Rita Repulsa yang jahat.

Rita Repulsa juga memberikan Tommy kekuatan untuk merubah dirinya menjadi Ranger Hijau. Seperti Power Rangers lainnya, Ranger Hijau juga dilengkapi oleh Rita Repulsa dengan berbagai persenjataan termasuk Zord. Zord nya berbentuk Zord naga yang bernama Dragon Zord. Untuk memanggil Zord nya ini, Ranger Hijau harus menggunakan seruling berbentuk pedang kecil (dagger). Selain pedang kecil yang berfungsi sebagai seruling, Ranger Hijau juga dilengkapi dengan sebuah pedang sakti yang dinamakan Pedang Setan. Pedang Setan ini menjadi sumber kekuatannya sekaligus sumber pengaruh jahat Rita Repulsa terhadap Tommy.


Ranger Hijau yang jahat berhasil dikalahkan oleh Ranger Merah (Jason). Setelah berhail mengalahkan Ranger Hijau, Ranger Merah segera memusnahkan Pedang Setannya dan hilanglah pengaruh jahat Rita Repulsa pada diri Tommy. 

Setelah pengaruh jahat Rita hilang, Tommy bergabung dengan kelima Rangers lainnya sebagai Ranger keenam. Kemudian, mereka berenam kembali ke markas Zordon. Di dalam markas, Zordon kembali mengaskan peraturan yang harus diikuti Tommy sebagai Power Rangers. Dengan demikian, lengkaplah ramalan Zordon tentang kemunculan Power Rangers keenam.

Dalam kesehariannya di Angel Grove, Tommy yang sudah lepas dari pengaruh jahat Rita Repulsa memilih bergabung dengan kelima Power Rangers lainnya : Jason, Billy, Zack, Trini, dan Kimberly. Tak bisa dipungkiri, Tommy dan Kimberly memiliki hubungan yang lebih dekat dibanding dengan Power Rangers lainnya. 


Dalam perjalanannya, Tommy sebagai Ranger Hijau semakin lama semakin melemah karena sumber kekuatannya yaitu Pedang Setan sudah tidak ada. Sampai akhirnya, Ranger Hijau pensiun dari Power Rangers. Akan tetapi, Zordon menyadari bahwa Power Rangers masih memerlukan bantuan Ranger keenam. Oleh karena itu, dia memanggil Tommy kembali sebagai Power Rangers dan memberinya kekuatan baru untuk berubah kembali menjadi Power Rangers. Kali ini bukan sebagai Ranger Hijau tapi sebagai Ranger Putih yang dilengkapi dengan sebuah pedang bernama Saba dan memiliki Zord bernama Tiger Zord.


Mighty Morphin Power Rangers dibintangi oleh beberapa bintang ternama seperti Jason David Frank (Tommy, si Ranger Hijau), Austin St. John (Jason, si Ranger Merah), Amy Jo Johnson (Kimberly,si Ranger Pink). Setelah itu, beberapa di antaranya digantikan bintang baru seperti Johny Yong Bosch (yang berperan menjadi Adam, si Ranger Hitam).

Sampai tahun 2003, Power Rangers masih diproduksi oleh Haim Saban. Setelah itu, diambil alih oleh Walt Disney. Power Rangers produksi Walt Disney antara lain Power Rangers Dyno Thunder, Power Ranger Wild Force, dan Power Rangers Time Force. Power Rangers yang diproduksi Haim Saban (Shuki Levy) antara lain adalah Mighty Morphin Power Rangers, yang merupakan edisi perdana, berlanjut Power Rangers Zeo, Power Rangers Turbo, Power Rangers In Space, dan Power Rangers Lost Galaxy. 

Memang, Power Rangers produksi Saban dinilai lebih baik dibanding produksi Walt Disney. Saya sendiri memandang dari sudut pemilihan aktor dan aktris yang bisa menjadi ikon Power Rangers itu sendiri (bersambung, dari MMPR,Zeo, Turbo, sampai In Space). Ambil contoh Jason David Frank, yang bermain dari Mighty Morphin Power Rangers (sebagai Ranger Hijau dan Putih), lalu menjadi ranger merah di edisi Turbo Rangers sampai Turbo. Di edisi Power Rangers Turbo, dia digantikan oleh TJ. TJ sendiri bermain sampai Power Rangers In Space, di mana diceritakan Power Rangers Turbo kehilangan kekuatan dan berkelana ke luar angkasa dan bertemu dengan Andros.

Saban Entertaintment sendiri dikenal sebagai rumah produksi yang memproduksi serial-serial yang diadaptasi dari serial Tokusatsu Jepang. Power Rangers sendiris sebenarnya berasal dari Jepang. Selain Power Rangers, Saban juga memproduksi Masked Rider yang diadaptasi dari serial Kamen Rider Black RX, BeetleBorg yang diadaptasi dari serial Juukou B-Fighter, juga VR Trooper yang diadaptasi dari Jikuu Senshi Spielban. Di antara semua serial tokusatsu dari Jepang yang diadaptasi oleh Saban, yang paling sukses adalah serial Power Rangers, terutama serial perdananya, Mighty Morphin Power Rangers.

Mighty Morphin Power Rangers pernah diputar di RCTI setiap hari minggu jam 9.30 pagi di tahun 90an. Ini ada syair OST Mighty Morphin Power Rangers yang terkenal itu :

They've got

A power and a force

that you've never seen before.

They've got

the ablilty to morph

and to even up the score.

No one will ever take them down

the power lies on their side



Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers



They know

the fate of the world is

lying in their hands

They know to only use their

weapons for defense

no one will ever take them

down the power lies on their side



Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

you Mighty Morphin Power Rangers



No one will ever

take them down

the power lies on their side



Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers



Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers



Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers

Go Go Power Rangers


Buat yang ingin mendownload OST Mighty Power Rangers yang syairnya ditulis di atas , silahkan klik di sini. Lagu ini merupakan versi TV Theme Songs , yang jadi soundtrack Mighty Morphin Power Rangers. Ada juga versi Power Rangers Orchestra, dan versi Mr Big.

0 komentar:

Posting Komentar

Menu Artikel