Situs Social Asal Indonesia Penyaing Twitter dan Facebook

Setidaknya, terdapat dua nama jejaring sosial terfavorit di era sekarang ini, yakni Facebook dan Tweeter. Kini, hadir MyKuora.tk yang diciptakan seorang pelajar SMAN 1 Subang. Terbilang luar biasa. Bagaimana ia membuatnya? 


ININ NASTAIN, Subang - Dunia maya dengan jejaring sosialnya begitu dahsyat hingga booming se antero dunia. Namun, tidak pernah terbesit sedikitpun, siapa sangka anak INDONESIA bisa menciptakan jejaring sosial seperti halnya yang pernah dilakukan Mark Zuckerberg, sang pencipta Facebook.
Adalah Damar Yosa Aji, siswa kelas 3 IPA SMAN I (SMANSA) Subang, yang bisa menciptakan sesuatu dalam dunia teknologi informasi (TI) seperti halnya Mark Zuckerberg dengan Facebooknya. Dalam waktu kurang dari satu bulan yang lalu, Damar berhasil menciptakan jejaring sosial bernama MyKuora. Berawal dari sekadar iseng, Damar akhirnya mampu menciptakan jeraing sosial, yang beralamat di http://mykuora.tk/.

“Pertamanya bisa dikatakan hanya sekadar iseng-iseng saja. Akhirnya kepikiran untuk membuat situs sosial dan terciptalah Mykuora ini. Untuk domainnya sendiri  masih menggunakan ‘.tk’ (dot tk). Karena kan terbatasnya dana, jadi sehemat mungkin dan (hasilnya) semaksimal mungkin,” kata Damar saat berbicang dengan Pasundan Ekspres, di tempat dia belajar, SMANSA Subang, kemarin.

Selain hanya sekadar iseng-iseng dalam membuat jejaring sosial, siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan kuliah ke Jogyakarta itu, juga mengaku tidak memiliki keturunan yang gandrung dalam dunia TI. “Nggak ada turunan dari orang tua. Cuma ortu bener-bener ngasih suport, salah satunya dengan langganan Speedy,” ungkapnya.
Dalam hal TI pun, anak sulung dari 4 bersaudara ini mengaku baru menggeluti dunia internet saat masuk ke kelas 3 SMP. “Pertama tahu komputer waktu SMP. Saya pegang komputer, cara nyalain dan matiin komputer belajar ke teman. Dari (belajar), itu dibeliin komputer sama ortu. Setelah itu terus dikupas,” jelasnya.
“Nah, kelas 3 (SMP) ngulik TI. Kenal FB juga pas SMA. Selain itu, pas seneng script, ketika ada pelajaran page maker. Dari itu mulai asyik dan pelajari terus. Dari itu iseng buat blog, karena temen-temen sudah punya blog,” lanjutnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Menu Artikel